NILE RIVER CRUISE 2006

DSC00073         DSC00232       DSC00074

 

Nile River Cruise

Ini pertama kali ikut River Cruise sebelumnya belum tahu gimana river cruise itu? yg jelas kapalnya kecil he he he he , dan ini menyelusuri sungai Nile yg panjang sekali.

Berangkat dr Amsterdam sore hari  dan malam hari sampai di Mesir yg letaknya di pinggir sungai Nile. Kita tiba dng touring bus menuju pelabuhan dimana Kapal kita menunggu.

Dan disambut dng makan2 arab di malam hari, ya namanya baru sampai dan juga lapar jadi kita semua makan2, dan setelah itu dijelaskan route perjalanan nya menyelusuri sungai Nile.

Semua atraksi kita liwati dng naik kapal ini,

DSC00048         Luxor Temple         DSC00047

Jadi kita semua di kapal cruise menyelusuri sungai Nile, dan cukup menarik sekali sungai yg panjang sekali. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia, panjangnya mengalahkan sungai Amazon yang terdapat di Amerika. Panjang Sungai Nil ini mencapai 6.650 kilometer. Sungai Nile ini mengalir dan membelah sembilan negara, negara tersebut ialah Ethiopia – Zaire – Kenya – Uganda – Tanzania – Rwanda – Burunda – Sudan – Mesir. Memang luar biasa panjangnya ini sungai.

Knjungan selama di Mesir

DSC00179

Yg paling tekenal Pyramide, benar2 luar biasa org zaman dulu, bisa membangun spt ini dan tanpa alat2 modern tentunya he he he primitif sekali dng tali ditarik dneg tenaga orang , batu2 yg besar2 nggak bayangin gimana mereka menyusun  batu2 besar itu sehingga menjadi Pyramid, belum lagi membuat Obilix ini cukup mengagumkan sekali , sebab mereka membuatnya dr batu yg sangat besar dan dibentuk menjadi Obilix, dan belum lagi tranportasinya membawa itu Obilix? ,melalui sungai Nile untuk mengangkut nya.

 

67736130                             Obelisque_Luxor_pedestal

Begitu hebatnya org zaman dahulu dan disini juga kita melihat yg namanya Unfinished Obelix  ntah membutuhkan berapa tahun utk membuat satu Obilix.

DSC00103             Unfinished_Obelisk_07

Dan kita juga mengunjungi mesjid Mohamad Ali juga yg cukup terkenal sekali

DSC00150

Perjalanan menuju Botanical Garden dimana juga mengujungi pembuatan kertas Papirus yg terbuat dr tanaman seperti alang alang yg banyak sekali di Botanical Garden ini.

DSC00096     DSC00130         DSC00046

ini lah kertas Papirus

Papyrus-Paper       RAGAM TANAMAN AIR. Mari Berbagi Benih       libro_de_los_muertos_escena_funeraria_02

Dan selanjutnya dengan mengendarai Touring bus menuju daerah2 lainya di Mesir .  Al Deir Bahari Temple

DSC00226      DSC00211    DSC00029

02       kalabasah temple

 

Perjalanan yg cukup memuaskan sekali menunjukan bahwa org zaman dahulu mampu dan bisa membangun yg sekarang menjadi salah satu  ” Wonder World” kami sangat beruntung sekali bisa melihat dan mengunjungi tempat2 yg bersejarah ini. Dan melanjutkan perjalana ke Cairo dengan kereta api.

DSC00143        DSC00148        DSC00142

Dan kembali menuju Amsterdam kesokan harinya dengan membawa kenangan dan pengalaman yg indah

 

z_egypte

Advertisements

Jakarta 1979

Teringat sewaktu di Jakarta , liburan seminggu
Pada waktu itu ada teman yg ulang tahun dan ya namanya juga dr sekolah masak jadi diminta untuk masak2 waktu itu,
Dan dng modal yg sangat minim sekali lihat buku wah apa itu???? “Beef Welington”, yuk coba bikin ini kata teman2 ya ayu aja ha ha ha ha,
Dan saat itu saya membuat:

shrimp cocktail
Beef consomme
Beef Wellington
Buah segar
Wah belanja dulu deh ke pasar tukang daging, dan ternyata success senang sekali rasanya spt top chef aja he he he he, dan pada saat itu ada seorang teman yg lagi mudik dia tinggal di Belanda utk study , kok ya lucu saya minta alamatnya saya bilang siapa tahu nanti bisa ke Belanda ( sebab cita2nya pingin kerja di Kapal Pesiar spt cerita kakak2 atasan betapa menariknya.
Dulu waktu masih kuliah dan teman kost saya anak dr Slawi dan  pergi ke Jerman utk sekolah, saya bilang nanti suatu saat saya juga akan ke tinggal di Eropah, ditanya sama dia Eropanya mana? Ha ha ha ha nggak tahu deh jawab saya wong hanya berharap aja kok he he he.
Dan akhirnya selesai sekolah cari kerja di Jkt dan banyak teman2 kuliah yg ikut saya gimana sih ini pada mau ikut ? ya ayu ramai2 ke jkt pada cari kerja, dan sialnya anak ya saya ajak diterima saya nggak?? Tahu kenapa ya, ke NHI ,ke Hilton Jakarta, ke Hal ( Holland America Line) anak yg bareng saya ajak diterima semua,
Akhirnya jalan sendiri deh, kerja di American Club, hari pertama masuk dapur rasa aneh dan asing sekali namanya juga anak baru lulus sekolah, abis service wah kok bersih2 dapur, semua ,gawat ini kalau kerja spt ini ( biasa mentang2 anak sekolahan sok ). Makanya saya sekarang nggak heran sama anak anak yg baru lulus sekolah sok tahu dan ngepinter ha ha ha ha sebab ngalamin sendiri ( pengalaman pribadi)
Dan Ahirnya keluar nggak betah , dr situ pindah ke Holiday Inn di Slipi , ini lah yg membuat besar kepala setiap melamar kerja selalu diterima sebab kita dr satu2 nya sekolah perhotelan terbaik di Asia khususnya di Indonesia. Di hotel itu ada pengalaman yg lucu dan kurang ajar menurut saya sekarang he he he.
Waktu itu chef nya bule org Jerman, hari pertama masuk disuruh bikin soup of the day ” Pottage Garbur”  disuruh pakai sisa2 soup kemarin ( minestrone soup). Namanya juga org belum pengalaman ,ya nggak ada pikirian seberapa bikinnya, kira kiranya , jd saya bikin aja sisa dr Minestrone itu, jadi nya cuman se container kecil , saya tunjukan ke Chef nya eh ngamuk dia bilang masa cuman bikin segini????? Gak sampai 5 porsi? Ya saya mana tahu saya tanya tadi bikin seberapa nggak bilang ha ha ha ha ha terus sambil ngamuk dia ambil sayur2 bikin sendiri sama ngomel2 ( saya mah nggak ngerti ngomel apa) sebab juga mau Lunch time jd agak stress dia ha ha ha ha ha ha.
Dan suatu hari banjir dan saya males sekali utk berangkat kerja padahal kalau mau ya bisa  aja berangkat kerja , banjir cetek sekali kok, cuman mikir wah ini nanti malam anak2 pada kumpul keluar malam nih, dan saya musti kerja tambah males . Dan akhirnya saya putuskan nggak masuk kerja ya namanya org nggak ngerti apa2 ya spt biasa aja kaya nggak ada apa2 nggak beri tahu hotel kenapa nggak dtg.

Keesokan harinya saya kerja ketemu Chefnya ngamuk2 lagi kemarin nggak masuk kenapa nggak kasih kabar??????? Ya saya bilang banjir nggak bisa keluar ! ya tapi kan bisa  kasih tahu tilpon misalnya katanya ya tilpon dimana saya bilang ! tetep aja ngamuk akhirnya sana mulai kerja. ( kalau skrg gitu ada hand phone ha ha ha ha ha). Seminggu kerja keluar lagi emang nggak niat terlalu banyak teman main yg profesinya lain .
Dan akhirnya melamar ke Surabaya hotel Hyatt yg baru mau buka, ramai ramai ke Surabaya utk interview dan ternyata diterima kerja di Hyatt, saya pikir kalau kerja di SBY pasti aman nggak punya teman saya dan gak tahu jalan (belum tahu he he he).

Tapi ya nasib lain lagi tawaran kerja di Spore di kabarin OK yg mending ke Singapore aja deh ha ha ha ha merantau jauh dr teman dan fam. Akhirnya kerja di Singapore aman nggak punya teman jadi kerja lebih focus pagi siang malam, biasa malam keluar dng teman2 sekerja,,
Ada kejadian yg menurut saya cukup lucu , lagi jalan2 di Orchard Road , eh ketemu Chef Jerman yg pernah marah2 sama saya waktu di Holliday Inn Slipi , saya tanya ingat sama saya???? Dia bilang saya ingat muka mu tapi lupa namanya ha ha ha saya tanya lagi urusan apa ke Singapore??? Oh dr KBRI katanya urus visa , dia cukup kaget ketemu saya di Singapore nggak nyangka bias ketemu ha ha ha tanya liburan? Nggak kerja saya, kaget lagi ha ha ha ha ya saya kerja di Rest Indonesia di Merlin Hotel. Kaget juga dia anak disuruh bikin soup jadi cuman 5 porsi skrg bisa kerja di spore ha ha ha.
6 bulan kemudian saya pergi merantau ke Belanda dng modal 200 gulden th 80 waktu itu. Dan persis uang tinggal 60 gulden dapat kerja di rest Indonesia. Dan saya juga mampir ke teman saya yg ketmu di jkt waktu saya masak2 itu, dia kaget sekali ha ha ha ha ha eh beneran ke Belanda katanya nggak nyangka dan nggak nduga bisa bertemu, untung waktu itu minta alamat ya he he he he h.
Dan juga saya sempat berkunjung ke Berlin dimana teman kost saya waktu di Bandung, dia pun juga kaget ha ha ha ha bisa bertemu di Berlin , dan saya juga menetap di Belanda spt yg saya bicarakan dulu saya akan tinggal di Eropah ( ingat kan waktu ditanya eropah itu besar di negara mana maunya ha ha ha ha ha eh terdampar di Belanda).
Pesan saya kepada pembaca “ hati2 lah kalau berbicara” kalau berbicara bagus dan keturutan sih bagus lah tapi kalau  bicara jelek? He he he he gawat kalau keturutan he he he he he he.
Terima kasih sudah membaca ini semoga bisa menikmati goresan saya ini
My wish come true

AIDA STELLA 2015

Screenshot_2015-07-08-17-34-58-1 DSCN4092 aidastella-2-6)

Untuk kedua kalinya kita naik Cruise Aida kapal Jerman, kali ini naik Aida Stella, sebab dari dulu ingin sekali melihat Israel, tapi belum keturutan setiap mau pergi ada aja(perang, bom di jalan ) . Dan baru kali ini keturutan untuk melihat Israel jalan yg paling enak dan cukup murah ya ikut Cruise dan kebetulan ada Cruise yg meliwati nya

ROUTEd

Route perjalanan, dr Antalya ( Turkey) menuju Limassol (Greece Cyprus) kemudian menuju Haifa ( Israel) dr Israel menuju Santorini( Greece) dan setelah itu berlayar menuju Marmaris( Turkey).

Semua perjalanan cukup menyenangkan sebab ada beberapa tempat yg pertama kali dikunjungi spt Jerusalem , Santorini ( yg indah sekali) juga Marmaris Turkey yg seperti Bodrum di Turkey juga,

Pertama berangkat dr Amsterdam menuju Dusseldorf ( Jerman) dan lanjut terbang ke Antalya sebab kapal menunggu di Port of Antalya, setelah check in beres2 , kita keluar melihat kota Antalya sebab kapal  akan berlabuh nanti malam pk 23.00  jadi banyak waktu utk jalan jalan ke kota Antalya

20150710_155349 20150710_154020

Sebelum berlayar dinner dulu di restaurantnya, ini kapal ada 7 restaurant luar biasa jadi kalau tidak cocok dng yg satu bisa ke restaurant yg lain, tapi dengan pengalaman yg sebelum2nya, kita tiap malam  keliling hampir semua hua ha ha ha ha jd ambil satu2 makanannya, cari yg cocok di mulut dan kenyang di perut.

Malam berlayar menuju Limassol , esok pagi sampai Limassol dan sayangnya pas sampai ke Limassol hari minggu dan spt biasa kita selalu mencari pasar dan hari minggu pasarnya tutup jadi cuman jalan2 di kota dng toko2 yg tutup, kurang mengena di hati Limassol,

Sore hari kapal berangkat menuju Haifa( Israel) ini yg di tunggu2 selama bertahun tahun ingin mengunjungi nya akhirnya keturutan juga he he he he. Dan kita ikut tour dr kapal sebab dr Haifa menuju Jerusalem membutuhkan waktu 2 jam dng bus touring.

Dengan cuaca yg sangat panas kita sampai ke Jerusalem, dan ber jalan jalan beibel route, ke tempat2 yg bersejarah, dan semuanya kita bisa melihat dng mata sendiri cerita2 pada waktu masih sekolah SD dulu yg suka di ceritakan oleh suster2 , Jericho, Kebun jaitun, Golgota Dllnya

DSCN3824 DSCN3855 DSCN3910 DSCN3822

Dan setelah itu berjalan menuju Golgota ya ternyata tak terasa kalau mendaki gunung yg sekarang menjadi tempat pasar souk, dr situ berjalan menuju tembok (tembok ratapan) yg kita suka lihat di TV , ternyata juga kecil ha ha ha ha kalau lihat di TV waktu News spt besar sekali dan disitu dipisahkan antara utk lelaki dan wanita saya bilang ngadu kepala ke tembok itu he he he dan ada yg sambil menari nari dan bernyanyi

yg disayangkan kita tidak bisa ke Palestina melihat mesjid yg dilapisi emas Mesjid Al Quds dimana yg biasa dipakai oleh Arafat bersembayang dan org2 penting Palestina.

1-dûme-du-roucher DSCN3808 DSCN3805 DSCN3921

Dari Jerusalem kembali ke Haifa dng touring bus , dan perjalanan yg cukup melelahkan dr pagi pk 8.00 sampai kembali ke kapal pk 19.00. Setelah mandi2 cari makan dan keliling dulu lihat rest mana yg enak he he he he he,

Malam berlayar menujuh Marmaris , esok paginya sampai Marmaris ( Turkey) ini masih pagi belum panas tapi semua sudah tahu nanti siang akan panas sekali jadi cepat2 keluar jalan2 menuju pusat kota.

Marmaris seperti Bodrum ( Turkey) kota pesisir pantai, kota tourist jadi ya restaurant2 penuh dengan menu2 tourist , buat kita kurang cocok dengan menu2 tourist yg sudah umum sekali jadi lebih baik nggak usah makan direst ( contoh menu , Schnitzel, Spaghetti Bolognaise, lagsana , macam2 sandwich…..) .

Hanya beda Bodrum pusat nya pisah pisah kalau marmaris menjadi satu pusat kotanya tapi pemandangan dan suasana bikeg dikatakan sama meriah sekali, di Marmaris kita mencari pijat turkey ( hamam), tapi kali ini kurang memuaskan sebab ya tempat tourist jadi ya pijet tourist ha ha ha ha murah sih murah cuman 10 Euro tapi kurang enak ya tidak apa2 yg penting kulit bersih ( dibolotin) dan ke sauna serta pijat busa turkey.

Sore hari kembali ke kapal spt biasa abis makan malam , melihat shownya utk hari terakhir perpisahan , penuh dng makan dan minum serta nyanyi2 crew kapal say good bye. begitu pun juga kita besok kembali ke pulang.

ini kapal isinya org jerman semua, sebab kapalnya kapal jerman jadi isinya org jerman semua dan announcement nya juga bhs jerman, tapi semua crew bisa berbahasa inggris, jadi kalau perlu2 ke reception utk tanya tanya information.

SAMPAI JUMPA TO THE NEXT CRUISE

U E A Cruise dng AIDA DIVA 2014

DSCN2466Pertaama kalinya ikut Cruise dng Ms Aida Diva, waktu melihat  adanya route ke Dubai dan Muscat( Oman) wah cocok ini , sebab kita kepingin melihat Dubi dan Oman mengunjungi teman2 kita dr Sultan of Oman. Saya kenal mereka sewaktu di Glion Switzerland, mereka dikirim oleh Sultan of Oman utk tranining di situ Glion Institute of Higher Education , dan pada kesempatan itu saya dipercayakan oleh itu sekolah untuk mengajar di bidang decoration, dr carving buah2 an sampai membuat butter sculpture.

Route-Dubai-1                                                            Route Perjalanan,

Pertama kita sengaja datang sehari sebelum berlayar ke Dubai agar bisa jalan jalan melihat kota Dubai dengan tenang2, dan tujuan tentu Dubai Mall yg luasnya luar biasa 7 km , besar sekali , jalan jalan di mall dan penuh dengan toko2 yg luxe mau pun yg biasa ,  dan mencoba makana timur tengah tentunya disitu kita menemukan rest yg menjual nasi briyani 3 macam warna kuning, putih dan hijau he he he he coba aja yg penting cocok dan bisa dimakan.

Besok paginya kita baru menuju Port Said yg tidak jauh dari tempat kita menginap naik taxi sekitar 10 menit , sewaktu check in problem Internet down jadi terpakasa pakai cara kuno manual, semua penumpang dibagiin sepotong kertas dng huruf dan nanti akaan dipanggil kalau waktunya masuk ke kapal.

Nah ini yg cukup lucu, sebab semua pengumunan memakai bahasa Jerman sedang kita kurang ngerti dng bhs jerman dan kita mendatangi office infomation, dan tanya apa tidak ada bhs ingrrisnya?????? mereka bilang ini kapal Jerman? lho anda tidak tahu kalau ini kapal Jerman”? ha ha ha ha emang tidak tahu , tapi crew kapal bisa bahasa inggris katanya , he he he he emang org Jerman semua pakai bhs Jerman mereka tidak perduli , pantes hampir 100% penumpangnya org jerman semua he he he.

DSCN2522 DSCN2472

Berhubung saya tidak mengerti bhs Jerman, waktu menunggu di panggil saya nongkrong aja di depan pengumunan dan nunggu papannya berganti huruf , eh ditegur kamu punya kartu huruf apa? saya kasih lihat ke dia, oh ok deh dan tanya kamu nggak ngerti bahasa jerman ya ha ha ha ha ya nggak ngerti dr maka itu saya tunggu disini he he he , untung juga di gedung itu wiffi free jadi lumayan bisa keep in touch dng teman2,

Setalah naik kapal, semua pengumuman , berita2 dalam bhs Jerman, tapi buat kita nggak problem sebab sudah ada pengalaman dng ikut cruise sebelum2nya dng Holand America Line, jadi ya hampir sama lah aturan aturannya

Perbdaannya,. disini tidak ada formil2 an restaurant ada 7 yg dua pakai reservation dan bayar, yg lain free, semua free minum , wine, bier hebat juga , Jadi kita hampir tiap hari makan di 3 restautant, makan dikit jadi bisa coba macem2 ha ha ha ha ha ternyata juga bukan kita aja hampir semua tamu berbuat spt apa yg kita lakukan.

Pertama kita stop di Abudhabi, seblmnya saya sudah mengontak teman utk bertemu dan bisa silaturami , janjian di Abudhabi Mall malam hari, dan kita jumpa saling cerita dan ngobrol. Besok harinya kami dng Hop on Hop off keliling Abudhabi zaman sekarang enak di setiap kota besar umumnya ada bus keliling ini.

Yg saya kagumi di Abudhabi mesjidnya luar biasa wow semua marmer dan besar sekaliDSCN2844 DSCN2812 DSCN2871

Dari Abudhabi berlayar menuju Muscat Oman, dan sebelumnya saya sudah kontak dng teman yg di Oman jam berapa kapal dock. Dan kita dijemput dengan Abdullah dng mobilnya diajak keliling istananya sultan, wow luar biasa Muscat sangat bersih sekali dan cantik, jalan jalan di souk pinggir pantai,, dan di Muscat tidak ada angkot , adanya hanya taxi dan juga tidak mahal pantes bersih tidak ada angkot he he he,atau bus kota , public tranport hanya taxi, hebat Oman, bebas pajak , parkir mobil juga free, luar biasa makmurnya,

 

DSCN2579 DSCN2561

 

Dan kita sudah di arrange dng mereka utk bertmu lunch di Rest Iran, begitu sampai rest bertemu dng beberapa teman2 tidak semuanya bisa hadir sebab harus bekerja, tapi cukup indah dan suatu yg menyenangkan bisa berjumpa dng mereka silaturami he he he he.

 

DSCN2668 DSCN2590 DSCN2645

Dan dari Oman rencana menuju Bahrain tapi ditengah perjalanan dibatalkan utk menuju Bahrain sebab ada kerusuhan jadi kapal balik menuju Dubai , sayang berubah route perjalanan jadi nggak lihat Bahrain deh he he he he, tapi di Dubai kebetulan ada teman dan kita kontak, bertemu, seharian diajak jalan2 dan makan2, malam hari mengunjungi Dubai Mall utk melihat air mancur nari he he he he dan yg nonton banyak sekali ramai sekali , pertunjukan persia pk 19 malam dan hanya paling 15 menit tapi nunggunya ha ha ha berjubel

Besok harinya kembali ke Amsterdam suatu pengalaman yg baru naik kapal jerman ha ha ha.

 

 

MEDITERANEN 2014

DSCN1291Mediteranen Cruise dengan Ms Noordam Holland th 2014

kapal pesiarnya besar sekali Ms Noordam, pertama datang kita terbang dr Amsterdam menuju Roma Italy, wah kembali lagi ke Roma . pertama kali ke Roma naik mobil mini cooper di tahun 1981 , wow 33 th yg lalu kita ke Roma naik mobil yg waktu itu baru aja dapat SIM dan beli mobil, yg baru ,seminggu sudah berangkat ke Roma dng mobil mini cooper, menjemput teman dulu di Swiss lagi he he he he , jadi kita bertiga mengendarai movil ke Roma , bener bener menyenangkan sekali dan kita semua masih kuat jalan semalaman tanpa tidur juga ok aja coba sekarang wah bisa nggak samapai sampai.

Sewaktu di Roma kita jalan jalan dan di fontain kita membuang uang logam katanya menurut kepercayaan kalau membuang uang logam bisa kembali lagi ke Roma he he he he eh ternyata 33 th kemudian baru balik lagi he he he.

DSCN1150

Civitabecchia – port di Roma e del Lazio

Setalah check in, masuk ke kapal Ms Noordam, dan bertemu dengan beberapa anak anak Indonesia yg bekerja di kapal itu, memang banyak anak anak Indonesia bekerja di Holland America Line dan rata rata juga alumni anak anak NHI ( STTP Bandung) dan saya diem diem termasuk senior mereka he he he he,

map ini route perjalanan Ms Noordam dr Roma berlayar menuju

Messina ( sicilia italy)

Valleta

Argostoli ( Greece)

Corfu ( Greece)

Kotor ( Montenegro)

Dubrovnik ( Croatia)

Kocula

Split

Venice ( Italy)

 

DSC00628 DSC00656 DSC00662

Marcopolo House

Dari semua perjalanan yg paling menarik dan mengesankan adalah di Croatia , sangat indah dan menarik sekali, dan juga bisa jumpa dengan teman saya yg mempunyai restaurant di Durbovnik dan kita mencari ,sempat mampir dan cerita cerita, sayang taman saya waktu itu tidak berada di tempat, tapi kita bertemu dng suami serta staff dr restaurantnya ” AZUR”

DSCN1606 DSCN1607

dan dari sini kita explore Durbovnik , naik ke tembok kota utuk melihat pemandangan dr atas , dan tembok itu mengelilingi kota Durbovnik ( old town)

DSCN1599 2014-07-16 11.15.50 DSCN1573

DSCN1575 FSCN1521  DSCN1346

DSC00678

 

 

dan setalah itu baru berlayar malam harinya menuju Venice  kota air di Italy yg terkenal dng Gondola nya, unik sekali kota ini dimana mana air , dan utk ketengah kota dr pelabuhan harus naik kapal dan ada dua macam kapal cepat dan pelan,yg dimaksud cepat hanya berhenti di point2 tertentu dan yg lambat stop disetiap pemberhentian,

DSC00807 DSC00802

 

yg lucu sekali sewaktu di pelabuhan Venice tempat port Cruise kelihatan Ms Amsterdam, dan sama sama besarnya bentuknya sama persis hanya tulisannya berbeda satu Amsterdam dan satu lagi Noordam , sewaktu berjalan menuju kapal didepan gedung bertemu dengan crew kapal yg kita kenal sewaktu kita ke Alaska th 2009 dng Ms Volendam,  namanya Sugeng Triyono , kita kaget dan diapun kaget ha ha ha ha ternyata dia crew di Ms Amsterdam , jadi seperti reuni ngobrol2 dan senang sekali bisa betermu suatu kenangan.

DSC00858

dan dr Venice kita kembali dengan pesawat menuju Amsterdam

DENALI PARK – ALASKA 2012

mira1                                                                    McKinley

 

Akhirnya keturutan juga utk pergi kembali ke Alaska yg kita inginkan , melalui Darat dahulu terus naik kereta kaca dan sailing dng Ms Statendam Holland America Line.

Berangkat dr Amsterdam menuju Fairbanks Alaska dan stop di Miniapolis utk ganti pesawat, menunggu sekitar 5 jam , betul2 lama juga ya, capai badan dan ya mau apa lagi, terpaksa tiduran aja di Airportnya.

Dan akhirnya berangkat juga menuju Fairbanks, sampai di airport menuju hotel sebab kita tibanya sore hari, dan waktu itu summer time jadi masih terang benderang, keluar mencari makan buat isi perut tentunya  ha ha ha

Malam hari berusaha utk tidur tapi masih terang diluar waktu itu jam sudah menunjukan pk 22 malam , akhirnya tidur juga jet lag sih, jam 3 pagi terbangun ( ngelilir org jawa bilang) lihat jendela wah kok tmasih terang? bener ini? padahal sudah jam 3 pagi? tapi masih terang spt siang??????? aneh juga ya

A (106) Selidik punya selidik ternyata memang boleh di kata 24 jam terang terus ha ha ha ha nggak ada petangnya terutama pada puncak musim panasnya, org main golf pk 2 pagi edan juga he he he

Dr Fairbanks menuju Denali Park dng bus dr Holland America Line, melihat Park yg besar sekali ,ada org2 yg mau hikking juga bisa , mau camping juga bisa dan mau jalan juga bisa tapi kita naik bus aja keliling, sambil mencari binatang2 yg liar sp Grizzly bers ,kijang,moos, caribou dll

Dall Sheep under Foraker Grizzly bers wildlife-in-alaska-9-81015 tumblr_static_408476

melihat pemandangan yg cukup bagus dan menakjubkan ketika di dekat Mc Kinley gunung ber es bisa utk kesana mau mendaki atau naik Helicopter , sayang kita sudah mencari mau booking fully book, tapi juga untung2an kalau cuaca bagus bisa mendarat di lereng dekat puncak gunung,

A (169)

Keesokan harinya , menuju Anchourage denngan naik kereta yg atapnya dr kaca, senhinga bisa melihat pemandangan di atas selama perjalanan. memang cukuk mengesankan naik gerbong kereta berkaca , terang sekali ha ha ha ha sambil sekali sekali keluar menghirup udara segar,A (112) A (212) A (214) A (218) A (121)map_of_alaska

Dari Anchorage menuju Seaward disana kapal Ms Statendam Holland Amerika Line doknya , perjalanan disambung dng Bus Touring Car. Perjalanana memakan waktu sekitar 2 jam , tapi tidak terasa 2 jam sebab sambil  melihat pemandagan juga di ceritai sama tour leidernya juga, mengenai asal mula nya Alasaka, ternyata Alaska itu milik Russia dan dijual ke Amerika, zaman dahulu hanya es tidak ada apa, apa lagi kalau musim dingin, sekarang menjadi tempat yg sangat menarik buat tourist dan juga ada tambang emas, minyak dll, Tidak rugi Amerika membeli Alaska.

MS STATENDAM AS900711 A (250)A (319)

Kapal berlayar dr Seaward menuju Heines, kota kecil sekali dr pelabuhan bisa jalan kaki ke tengah kota paling cuman 15 menit ,dan yg lucu disediakan bus untuk ke kota, begitu kita naik bus dan eh belum 10 menit udah sampai katanya ha ha ha ha ha dr tengah kota kelihatan kapalnya dan selesai jalan jalan di kota  pulangnya kita memutuskan jalan kaki saja wong dekat ha ha ha sambil bikin2 foto tentunyaA (324)                                            salah satu foto di Heines yg menjadi favorite saya

Dari Heines kapal berlayar menuju Glacier bay disini lah tempat galcier yg dulu waktu ke Alaska tidak meliwati ini , sebab itu ingin kembali lagi ke Alaska untuk melihat Glacier dr dekat

B (140)A (314)  Glacier bay (1)

Dari Glacier Bay kapal berlayar terus menuju Juneu ini pun dulu juga ke Alasaka tidak mampir sini kita ke route yg lain, dan sekarang bisa mampir Juneu yg terkenal kotanya dan enak buat jalan jalan, di kapal sudah dijual ticket2 untuk naik Helicopter mendarat di Glacier tapi mahal sekali, sedang diluar banyak kios2 kecil yg menjual ticket2 untuk ke Glacier , dan kita putuskan membeli ticket diluar sebab jauh lebih murah,

A (350) A (368) A (344) A (369) A (353) A (364)

Suatu pengalaman yg baru sekali, pertama kalinya naik Helicopter he he he he puter puter sampai tujuan di Glacier dan mendarat di atas Glacier selama 20 menit, belum puas sudah 20 menit betul2 tak terasa emangnya serasa batu nginjek Glacier dan jalan sebenter foto2 sudah 2o menit ha ha ha ha serasa baru 5 menit, ketika pilot memanggil utk berangkat saya bilang wow so quickly? is already 2o minute? yes already 2o minute we have to go back he he he lihat jam eh bener juga udah 2 menit di atas Glacier betul betul tak terasa tapi toh setidak tidak nya sudah mengalami nginjak Glacier, sekembali nya dr tour, mampir mencari watung yg menjual King Crab, ternyata didekat kapal ada warung yg jual King Crab Alaska , ya sudah sampai di Alaska ya harus dicoba King Crabnya yg terkenal diseluruh dunia toh

A (398) A (399) A (394)

Dari Juneu kapal berlayar menuju Ketchikan kota yg sangat menarik sekali dan enaknya dimana kapal berhenti, udah di tengah kota spt di Juneu jadi nggak usah jalan jauh2

Ketchikan terkenal salmonya senhingga disebut Salmon City dan banyak toko2 di pinggir2 pelabuhan

A (411)ini kota terakhir sebelum berlayar menuju Vancouver the last distination, is vancouver dan dari vacouver menuju amsterdam dengan pesawat

disini saya masukkan foto2 sewaktu di Alaska

A (249) A (93) A (115) A (112) A (108) B (19)samsA (107)

Ini adalah perjalanan kita merayakan  25 years anniversary ke Alaska

A (296)

JAPAN – ALASKA 2009

VOLENDAM mira

Alaska Cruise dng Ms Volendam Holland America Line  dari Jepang menuju Alaska. Berangkat sehari sebelumnya menuju Osaka. Dan cukup jalan2 sehari  di Osaka mengunjungi Osaka Castle dan yg terutama mencoba makan Okonomyaki ini yg paling terkenal di Osaka.

A.A OSAKA (20) A.A OSAKA (12)

keesokan harinya kira berangkat menuju Kobe sebab kapal berangkat dr Port of Kobe, setelah check out panggil taxi menuju stasiun kereta api dan naik kereta menuju Kobe, di Jepang tidak mudah utk bepergian dng kendaraan umum sebab banyak yg ditulis dng bhs kanji, tapi bisa tanya ke tourist information yg juga tidak semuanya bisa bahasa inggris, tapi sebelumnya th 92 sudah pernah ke Tokyo utk Training di Sinjuku Hilton Tokyo, jadi sudah ada sedikit pengalaman utk naik kendaraan umum.

PORT of KOBE (2) PORT of KOBE (23)

Setelah sampai di Port of Kobe abis check in masuk kapal menuju cabin , dan biasa kontrol kapal he he he ini khas Holland America Line. Crew F&B nya anak anak Indonesia ( dan banyak alumni NHI dan saya termasuk Senior he he he jadi enak lah) dan di bagian kitchen + bar kebanyakan anak2 dr Philippines

Route perjalanan kapal ini dr Kobe menyusur keatas pesisir jepang Kobe. Tokyo , Amouri, Hakodate,Saporo terus menyeberang liwat Russia tapi ntah kenapa kapal tidak jadi berlayar liwat Russia dengar2 suka ada problem sulit utk masuk Russia selain itu kebanyakan penumpangnya  org2 Amerika .

japan_country_map copyjadi perjalanan berubah  dr Sapporo menuju Kodiak Alaska, cuaca cukup dingin , dan sangat menarik pertama kali menginjakan kaki ke Alaska. Yg paling menarik adalah ingin mencoba makan  King Crab Alaska dan yg paling enak di Sitka nanti setelah itu berlayar menuju Sitka,  di Kodiak ini tempatnya penangkapan king crabnya suka  melihat film documaintairnya? Deadlist Catch disini lah tempat kapal kapal2 nya itu

DC_

  A.F KODIAK ALASKA (14)  A.F KODIAK ALASKA (46)

 

 

 

 

 

A.F KODIAK ALASKA (9) A.H SITKA (20)

 

 

 

 

Suatu pengalaman yg mengesankan bisa mengunjungi Alaska bisanya hanya melihat di film2 documaintairnya saja, sebelum es mencair  global forming?kalau ada kesempatan kunjungi lah Alaska !! dr Ketchikan bisa ikut tour dengan pesawt kecil melihat Fjord dari atas dan menunggu melihat Grizzly Bear dan Ikan Paus tapi juga tidak selalu ada kalau nasib baik bisa melihat itu semua.Biasanya kalau ikut tournya , kalau tidak kelihatan duitnya dikembalikna garantie, “if you dont see you get you money back”

Tapi memang cukup menarik sekali utk mengujungi Alaska

A.H KETCHIKAN (104) A.H KETCHIKAN (24)

 

 

 

 

A.H KETCHIKAN (97) A.H SITKA (23) A.F KODIAK ALASKA (60) HILAMAN (1) CREW (32)

Suatu hari akan naik lagi cruise ke Alasaka !!! denga route yg lain mengunjungi Denali Park ………….Jadi di daratan dulu di Fairbanks dan ke Denali Park baru naik kereta yg atasnya dr kaca utk melihat pemandangan.