KOMODO CRUISE Ms Volendam Holland America Line 2018

 

 

Kali ini ke KOMODO ISLAND yg sejak dulu , ingin sekali melihat yg  namanya KOMODO, sejak SD belajar nya cuman P KOMODO disana ada hewan yg namanya KOMODO he he he cuman di bayangkan saya gambar2 Komodonya.

Kali ini kita naik dengan Ms Volendam Holland America Line, dulu pernah naik kapal ini waktu ke Alaska th 2009 sekarang naik  ini lagi sebab routenya ke P Komodo,  lebih enak naik kapal cruise dr pada pergi sendiri…..maklum udah cukup umur jadi males cari2 info dan tranportasinya juga,

selain itu hitung2 bisa ketemu dng saudara2 biarpun hanya sebentar dr pagi sampai sore hari, spt di Jakarta, Semarang, Surabaya dan Di Probolinggo ( kakak datang dr Malang)

dari sini jadi ketemu bisa makan yg namnya kelapa kopyor yg udah puluhan tahun nggak makan ha ha ha emang rejeki anak soleh

    

 

Route Perjalanan start dr Singapore  jadi kita naik pesawat dari Amsterdam ke Singapore persis tgl 1 January 2018, secara tak sadar waktu kita sampai di Spore tgl 2januari 2018 dan ingat dulu kita bekerja di Spore dan meninggalkan Spore tgl 2january 1979 menuju Belanda ha ha ha, lucu tglnya bisa sama cuman beda tahunnya saja.

Di Singapore dapat nginap sehari jadi sempat jalan2 mengenang masa lalu sewaktu di Spore, dan enaknya besok paginya sebelum ke Airport dapat City Tour keliling Spore lumayan kan, dan kebetulan juga mengunjungi Little India ,wah siiip udah dinanti nanti pingin makan Rojak India ha ha ha dulu sering beli waktu tingggal di S’pore ( Geylang), akhirnya keturutan juga he he he.

Dari Spore naik kapalnya, dan sore hari berlayar menuju Jakarta…………dan untungnya ada shuttle service dr HAL menuju Arta Gading siip sebab kakak tinggal nya di Kelapa Gading jadi nggak jauh2 ketemuan di Arta Gading, tahu aja namanya Jakarta kan macet bikin org stress . Setelah ngobrol2 sambil makan siang juga

Kebetulan putu keponakan yg cantik  ikut ketemuan he he he he he. ketemu2 udah gede udah gadis sekarang.

 

 

 

 

 

 

  (dengan kakak tertua yg membawa saya ke jakarta, dan kakak ipar yg membimbing saya ke jalan yg benar sewaktu tinggal di Jakarta tanpa beliau gak tahu jadi apa ya ha ha ) (https://didihan.wordpress.com/2013/06/02/malang/)

Dr Jakarta menuju Semarang dan juga sudah janjian dng teman, sampai di Semarang naik Shuttle Bus menuju Simpang lima, dan kita bertemu disana di lobby hotel ( tempat yg paling cocok utk meeting point), dan di ajak jalan2 keliling Semarang lumayan deh ada yg anter2 jadi gak pusing mau kemana naik apa he he he he, sore hari berlayar menuju Surabaya.

Sudah janjian dengan kakak dan teman yg akan jemput di Pelabuhan Perak, sebab di Surabaya tidak menyediakan Shuttle bus

 

    ini juga suatu kesempatan bisa berfoto dengan Bu Rudy yg terkenal dng sambalnya semua org tahu Sambal Bu Rudy dr Surabaya

 

 

 

 

 

 

dan emang sudah waktunya utk bertemu dengan teman lama ( crew HAL) dulu kenal waktu ke Alaska naik Volendam th 2009 eh tahu2 begitu keluar pintu pelabuhan surprise ketemu sama bpk ini ha ha ha ha jadi foto2 dulu deh, beliau juga skrg udah pensiun.

Beliau bersama keluarga utk mengunjungi kapalnya utk mengenang dan memperlihatkan kepada keluarganya di mana tempat bekerjanya ha ha ha terutama cucunya yg sangat lucu sekali apa lagi kalau mau difoto langsung action.

Setelah itu ketemuan dng saudara dan fam, ngobrol2 , makan makan sampai sore hari dan menuju pelabuhan Perak lagi untuk melanjutkan perjalannan menuju Lombok. Ini pun juga dulu waktu ke P Bali th 2006 stop over dr Australia, ingin ke Lombok gak keturutan sebab travel agent nya tidak mau di bayar rupiah minta nya $$$$$. jadi dianggap turis saya , mereka tidak percaya kalau saya org indonesia, saya ajak omong indonesia nggak percaya katanya banyak org jepang yg fasih bhs indonesia, kemudian saya ajak bahasa jawa, tetep aja nggak percaya malahan tertawa banyak juga org jepang yg bisa bahasa jawa malahan ada Sinden org jepang ha ha ha ha itu yg namanya: Hiromi Kano itu org jepang yg jadi Sinden wayang di Jawa . Akhirnya saya ajak bahasa jawa anak Malang bahasa khas anak anak Malang ( bahasa yg dibalik …osob kiwalan), baru mikir dia ha ha ha ha ha , kali karena kita tinggal di LN cukup lama jadi kelihatan kalau org jauh padahal yg biasa kita nggak aneh2 gaya dan tingkahnya.

Sampai di Lombok kembali teringat pelajaran SD ibu kota Lombok adalah? Mataram wah gimana ya ibu kota Lombok? sekalian cari makan Ayam Taliwang( makanan Khas Lombok), sewa taxi menuju Martram, begtu sampai kota Mataram wah kok spt ini ya??? seperti ke Malang/ Surabaya zaman dulu ha ha ha ha ha ha gak ada apa2 terus mencari yg namanya warung/restaurant yg jual Ayam Taliwang, akhirnya tanya sana sini ketemu ke warungya dimana yg paling kuno yg pertama jual Ayam Taliwang, ternyata enak dan banyak pilihan mau yg panggang, goreng …..dan lauk2 lainnya.

Sore berlayar lagi menuju pelabuhan Lo Liang , dan kapal tidak bisa menepi jadi harus naik tender menuju pulau utk melihat komodonya

Wonderful Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

Setelah jalan2 muter2 di pulau Komodo tentu harus pakai Guide (Pawang) tanpa Guide dilarang/tidak bisa pergi melihat Komodo tanpa Pawang. Jadi dengan Guide dan merangkap sebagai Pawang.

Dari P Komodo meneruskan perjalanan menuju P Bali, yg nantinya akan di jemput dengan anak dr teman saya di Benoa mereka tinggal di Bali study, yg lucu lagi waktu di kapal pagi2 abis jalan di dek kapal biasa tiap pagi olah raga ha ha ha ha

Terus iseng kontak teman yg tinggal di Toronto, dengar di ada di Bali, begitu saya kontak bingung nggak percaya, jadi pagi pagi udah otot2 an di WA Call ha ha ha ha saya bilang sebentar lagi saya sampai Benoa naik cruise , emang saya orgnya suka nggak serius jadi tuh anak gak percaya minta dirimin foto segala udah saya kirim masih nggak percaya minta dikirim prog kapal yg ada tglnya ha ha ha ha, dia bilang kalau emang dtg dia mau batalin peswatnya sebab mau ke Malang,

Nggak ketemu ini anak sejak tahun 70 an, sebab saya 71 pindah jakarta dan dia lulus  SMA sekolah di Toronto – Canada, jadi cukup lama , teman SD dan saya sering main kerumahnya dulu ha ha ha dan skrg dng kemajuan teknologi bisa kontak2 di WA, ok dan akhirnya janjian di Cwie Mie Malang ( yg punya juga teman dr Malang).

Dan akhirnya janjian di tempat itu, dia datang duluan masih nggak percaya tanya yg punya emang saya datang ya? ha ha ha ha begitu lihat saya baru sadar ketemu setelah hampir 50 th, memang sudah waktunya ketemu ha ha ha ha ha

                  

Dan dari P Bali besoknya berlayar menuju Singapore……………………………………..dan malam harinya kembali ke Amsterdam. Holiday is over he he he balik ngepost lagi deh

selamat menikmati kepada pembaca semua…….

    

 

See You The Next Holiday……………………………………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Mediteranen Cruise COSTA PASIFICA

 

 

   

Kebetulan ada Cruise naik Costa kapal italy ke Mediterenen, Cruise pendek hanya 6 hari karena murah sekali termasuk flight ke Barcelona di mana kapal dok disana:

dr tgl 21 – 26 nov 2017, dengan route perjalanan
Barcelona
Valencia
Sardinie – Cagliari
Roma
Savona
Genoa
Perjalanan menuju Barcelona di pagi hari dengan naik public bus menujut airport Schiphol, setelah check ini semua beres, langsung masuk kedalam,

lebih baik menunggu di dalam tenang2 sambil main internet free wiffi he he he kan yg dicari free wiffi tapi di belanda sini banyak free wiffi dan tanpa password tinggal cari dapat connect udah online , lumayan nggak bosan menunggu panggilan utk boarding.

Dan akhirnya panggilan utk boarding, terbang dr Amsterdam ke Barcelona lumayan 4 jam kok ya lama rasanya apa karena udah mulai uzur kali kalau naik pesawat lebih dr 2jam rasanya lamaaaaa banget,

Sampai di Barcelona sudah ada  org yg menunggu utk membawa kita ke Pelabuhan……setelah check in ke kapal semua udah beres , tapi tidak bisa langusung masuk sebab baru boleh masuk pk 3 sore,

Mau keluar ke Ramblas kok ogah, sebab keluarnya harus pakai taxi agak jauh , dulu beberapa tahun yang lalu dr pelabuhan ke Ramblas tinggal jalan kaki sebab di seberangnya , sekarang agak jauh pelabuhannya dipindah, ya udah tunggu aja di lobby, yg sangat membosankan menunggu menunggu menunggu dan gak ada wiffi ha ha ha ha ha jadi waktu rasanya tambah laaamaaaaaaa sekali. Dr jam 9 pagi harus nunggu sampai jam 3 sore? ??

Tapi nasib sial , problem istri saya keluar darah di hidungnya ( mimisan) emang akhir2 ini sudah ketiga kalinya dan tidak membawa obat semprot yg dikasih dokter:………..Dan akhirnya saya ke front desk utk melaporkan ini agar bisa masuk kapal dahulu sebab di lobby panas nggak ada AC,, ruding punya runding akhirnya dirubah dr group 6 jadi group 1 dan org pertama yg boleh masuk kapal finally bisa masuk duluan.

Didalam kapal cukup bagus kapalnya ini Costa Pasifica, tapi setelah CONCORDIA tenggelam  beberapa tahun yg lalu, sering harga Costa2 yg lain dibanting harganya ha ha ha ha ha……ya nasib aja kalau mau dipanggil sama yg di atas dimanapun kapan pun kita nggak tahu dan gak bisa menolak.

Dari Barcelona sore hari harinya berlayar menuju Valencia (Spanyol) dulu waktu masih suka naik mobil keliling jalan jalan sudah pernah ke Valencia tapi cuman liwat.

Ternyata cukup menarik , jalan2 ke tengah kota

 

 

  

bisa jalan jalan ke pasar hobby rasanya setiap negara yg saya kunjungi harus mencari pasarnya di mana dan berkunjung he he he he .

Kemudian sore hari balik ke kapal sebab malam hari berlayar menuju Sardinie  Italy ke kota nya : Cagliari, kota yg sangat menarik dan banyak bangunan kuno.

Saya mempunyai teman asalnya di Cagliari, dia sangat bangga sekali kalau kotanya mau saya kunjungi ha ha ha ha ha dan sebelum itu dihari ulang tahun saya . dia memberi sebuah pisau chiri khas dr Cagliari, setiap member fam mempunyai pisau sendiri2 jadi biasa di meja makan kalau diletakan pisau ini artinya itu tempat duduknya, dan setiap fam member punya sendiri2 , jadi kita tahu oh itu tempat duduk sang kakek sebab pisaunya di situ, oh itu punya mama sebab pisaunya lain dr punya kakek

 

               

Jadi itu pisau saya bawa ha ha ha ha ha dan saya foto terus tak kirimkan ke teman saya ini ha ha ha yg hebat di Cagliari di tengah kota…..Free Wiffi ha ha ha ha saya cerita ke teman saya jawabnya: You Like it yes ha ha ha ha dia tahu saya bisa internet kalau ada wiffi saja.

 

 

Setelah puas jalan jalan di Cagliari, sore hari menuju Roma kembali ke Roma utk yg ketiga kalinya

pertama kali ke Roma th 1981 setelah itu blm balik ke Roma lagi, balik2 tahun 2016 ha ha ha dng NCL dan 2017 balik lagi ke ROMA dng Costa Pasifica

 

  

Akhirnya balik lagi ke Roma …… dan sore hari berlayar menuju Savona, dr Savona langsung Genoa utk kembali terbang ke Amsterdam di Savona hanya transit saja

Rasanya ikut cruise hanya 6 hari terlalu pendek………………… sebab 3 hari pertama pengenalan kapal orientasi kapal dan tempat2nya, dimana kamar kita dimana restaurantnya, tingkat ini apa tingkat yg bisa utk show enterteiment di tingkat berapa, baru hafal eh udah kembali pulang ,

ya pengalaman baru naik Costa Pasifica …kapal italy kedua yg pernah saya naikin,

 

 

 

 

CIAO CIOA ITALY

 

Bahama and ABC lands with KONINGSDAM 2016

dscn4997

 

Kali ini pergi cruise dengan KONINGSDAM HOLLAND AMERICA LINE kapal nya HAL yg paling gede dan paling baru (build 2016) dan diresmikan oleh Queen Belanda Maxima di Rotterdam 2016.

Route perjalanan dengan Koningsdam ke Bahama, Dominican Republic, Aruba,Bonair,Curacao ( ABC Lands). Kesana sebab belum pernah kesana tentunya he he he dan kali ini diberi kesempatan cruise dengan Koningsdam.

c6s10f

Pertama berangkat menuju Fortlauderdale,dimana kapal nya ngedok dan start cruising dr sana, kita berangkat sehari sebelumnya jd nginap dulu semalam di Fort Lauderdale. Teringat pertama kali cruise juga berangkatnya dr Fort Lauderdale 30 th yl ke Carribean.

Sudah banyak sekali perubahannya ya pasti aja wong 30 th yl he he he he. udah ada port nya kapal, dulu blm ada dipinggiran ngedok kapalnya.

Pertama menuju Halfmoon Cay  wah gimana ya ini kan Bahama dengar namanya terkenal banget Bahama………  Triangle ……yg dengar ceritanya suka ada yg hilang kalau cruising ke sana ha ha ha ha , jadi ingat pernah lihat shownya David Copperfield yg menghilangkan kapal di Bahama he he he he

 

Ahirnya kita menuju ke Bahama dan kembali utuh hi hi hi hi gara gara kena pengaruh cerita saja kalau bisa hilang ditelan laut….Suasana di pulau yg kecil ini sepi nggak ada apa apa nya dan panas sekali, disitu diadakan acara BBQ oleh HAL, jadi yg mau ikut BBQ bisa makan di Pulau nggak usah balik ke Kapal untuk makan siang, setelah lihat2 kok ya kurang menarik makanannya mending jalan2 di pulau terus balik kapal aja makanannya lebih bervariasi he he he dan banyak pilihannya.

Dr Bahama , menuju Grand Turk, juga pulau tapi lebih gede dan lebih rame dibandingkan Halfmoon Cay, disini masih ada yg bisa dilihat, toko2 barang2, prenak prenik dan lain.

Waktu kita di Grand Turk, ketemu kapalnya HAL yg lain New Amsterdam, sama sama ngedok besebelahan he he he keren dua kapal cruise yg gede sama sama nongkrong di Grand Turk,

Dari sana sorenya berlayar lagi menuju Amber Cove Dominican Republik. Pulau kecil ya emang yg dikunjungi pulau kecil kecil semua di carribean ini, tujuan pingin lihat pulau ABC ( Aruba,Bonair,Curacao),

Dari sini malam harinya berlayar lagi menuju Bonair pingin lihat gimana Bonair ini sebab di belanda banyak org dr Bonair, Aruba dan Curacao bekas koloni belanda mata uangnya juga guldsn bonair he he he ha dan cukup menarik sekali sebab. anak anak kapal ( cres kapal) memberi tahu kita kalau nanti keluar kapal belok kanan ada warung Indonesia he he he he he,

Yg jual org Suriname nenek moyangnya org dr Malang ha ha ha ha lucu jadi mereka nggak  bisa bahasa indonesia tapi hebat sudah berapa turunan tetap bisa berbahasa jawa yg jawa ngoko he he he . Dan kita mampir kesana untuk sambang dan take away ayam panggangnya,

Keren jauh2 nemu juga makanan Indonesia, hari itu hujan lagi tapi kita semangat utk mendatangin warung itu, sempat saya taunya kepada ibunya  wah ini special jual kalau ada kapal datang? tapi beliau bilang oh nggak tiap hari ada kapal datang …. wah hebat kalau gitu dagangan laris manis he he he sebab setiap kapal cruise pasti ada crew anak indonesianya dan mereka pasti mampir membeli makanannya he he he he.

Jadi ingat anak Crew Kapal Cruise kalau kebetulan membaca Blog saya ini kalau liwat Bonair ada warung INDONESIA mampir buat  obat kangen he he he makanan crew di kapal kan nggak……..ya he he he he.

Dari sini malamnya berlayar lagi menuju Curacao ini yg saya nanti2 kan ingin sekali melihat/mengunjung Curacao,sebab banyak teman yg asalny dr Curacao, suka dengar cerita2nya tentunya yg sangat menarik he he he he he, just wait and see how is Curacao.

Dan setiap kali suka melihat gambar ini di TV, jembatan dan rumah2 khas Curacao yg warna warni he he he he akhirnya kita sampai juga ke Curacao,

Jalan jalan di pulau ini ternyata ya biasa aja nggak spectaculair spt yg mereka suka cerita ya, juga kita kurang senang dan tidak bisa males2 an duduk2 di pantai berjemur spt bule2 ha ha ha ha ha kita org kota lebih senang jalan2 di tengah kota dan jalan jalan di Pasar lebih menarik dan lebih senang buat kita,

Dari Curacao malamnya berlayar menuju Aruba, disini kita turun kapal udah langsung di tengah kota nya he he he he enak jalan nggak usah jauh2 udah toko2 dan cafe2 di kiri kanan jalan,

 

Keren bus2 nya buat Tourist keliling kota Orange Stad, ya pulau kecil gini mau kemana , bus menuju pantai memang banyak org yg pergi ke pantai dan malas2 an berjemur he he he he bukan buat kita mending jalan jalan, minum2/makan makanan setempat ( food street)

Malam harinya kapal meninggalkan Aruba cruising menuju Fort Lauderdale. The End of our cruise back to Amsterdam. Just memory in our head kalau kita telah mengunjungi pulau ABC yg telah diimpi2 kan sejak dulu he he he he he he, see you for the next cruise

 

MEDITERRANEAN NCL EPIC 2016

 

norwegian-cruise-line-norwegian-epic-exterior-gallery

 

DSCN4433

 

Kali ini ikut cruise dengan kapal Norwegian Cruise Line Epic routenya berangkat dr Barcelona, pagi pagi tgl 10 berangkat ke Schiphol Airport dengan bus, menuju Schiphol Airport utk terbang ke Barcelona.

 

DSCN4344

7D_WMed_Rom_Rom-dupe1

 

Kapal besar sekali baru pertama kali ini naik kapal yg besar sekali dengan penumpang 5000 org plus 12oo anak anak buset nggak nyangka dan nggak menduga  kalau begitu banyak orgnya he he he he ha

Sebenarnya ingin naik HAL ( Holland America Line) Koningsdam route ke atas Norway tapi berhubung fullybook sudah minta ijin libur cari cruise lainnya eh dapat ini yg cocok tanggal liburnya

Tapi sebenarnya sudah pernah mengunjungi semuanya,  hanya Pisa dan Capri, dulu mau ke Capri nggak jadi sebab cuaca jelek jadi nongkrong di Naples, kali ini ada kesempatan kesana he he he he.

Kapal berangkat dr Barcelona menuju Naples Napoli disini enaknya naik cruise hari pertama di laut sehari semalam jadi bisa orientasi kapalnya juga , kalau naik kapal yg sudah pernah spt HAL atau AIDA nggak perlu lagi orientasi sebab semua kapalnya susunannya sama,

Besok lusa pagi2 baru offshore di Naples , Napoli kota yg terkenal dng pasta nya dan enak2 , tujuan kita ke Capri sebab nggak keturutan dulu he he he

Dengan speedboot menuju pulau Capri

DSCN4471            DSCN4475      DSCN4478

Ternyata Capri cukup indah, tapi yg namanya tempat tourist dimana mana sama aja komersil dan mahal he he he biasa kapan lagi nggetok tourist , di Capri naik kereta ke bukit atas dan melihat pemandangan dr atas, ternyata gak rugi juga melihat dari atasw dan sampai ke Pulau Capri juga, jalan jalan sampai siang sudah cukup pulau yg kecil dan menarik cuman namanya tempat tourist dimana mana souvenir souvenir souvenir bosen ngelihatnya he he he he.

DSCN4497DSCN4515DSCN4496

Kita kembali ke Kapal dan relax menunggu sore hari berlayar menuju Chivitavecchia Roma.  setelah bertahun tahun akhirnya balik lagi ke Roma, pertama kali ke Roma th 1981 keliling Roma dan tahun 2014 kembali ke Roma tapi hanya di Chivitavecchia ( pelabuhan sebab mau naik cruise jadi nggak main ke Roma). Di kapal ini banyak makanan dan  macam2 pilihannya ada semua, mau yg luxe sampai yg sederhana. Besok pagi2 sudah sampai di Chivitavecchhia, dan dng tranfer bus kita menuju tempat stasiun bus yg membawa ke Stasiun kereta utk menuju Roma st Pietro

 

DSCN4532

Dan dr stasiun St Pietro  ini kita jalan kaki menuju Vatican, memang tujuan ke Roma utk datang ke Vatican setelah 25 th yg lalu kembali mengunjungi  Vatican, tapi wah luar bisa Vatican ramainya luar biasa banyak pengunjung lain  dng 25 th yl he he he naik mobil masih bisa parkir di dekat Vatican dan jalan kaki menuju Gerejanya sekarang jangan harap he he he.

DSCN4580

 

DSCN4543            DSCN4548

Tapi kali ini di Roma jalan jalan dng Hop on Hop off enak sekali sekarang di mana mana di kota besar ada bus hop on hop off  bus yg keliling kota menuju point2 tertentu yg menarik dan kita bisa turun, jalan2 kalau sudah jalan2 nunggu bus selanjutnya naik lagi ketempat lainnya, sangat berguna buat org yg males jalan sendiri he he he he dulu sih jalan sendiri kemana mana sekarang udah mulai umur biasa males mau enaknya aja he he he. Dari Roma menuju Livorno ini dimana bangunan miring yg tersohor PISA , akhirnya kesampaian juga melihat PISA, ternyata memang miring ha ha ha ha tapi tergantung yg bikin foto mau diluruskan juga bisa kok tapi di foto lho he he he

 

DSCN4677

 

DSCN4661

 

DSCN4695

 

DSCN4645

Dari Livorno – Pisa sore harinya kapal berlayar lagi menuju Mersailles Perancis, kota pinggir pantai yg cukup menarik juga utk dikunjungin, dan di kota Mersailles kita keliling kota naik mini train, yang keliling kota dan naik keatas menuju Notre Dame de la Garde

DSCN4800

 

DSCN4814

Pemandangan dr Atas Notre Dame de la Garde cukup menarik tapi kalau dipikir pikir kemanapun kalau sudah diatas, melihat kebawah selalu menarik he he he ,dulu zaman suka mendaki juga sama dr jauh kelihatan gunung nya yg akan didaki tetapi setelah sampai puncak nya lihat kebawah gak kelihatan apa2 ha ha ha ha hanya awan awan aja he he he tapi kalau naik gedung pencakar langit samapai atas lihat bawah buset pemandangannya sangat menarik dan indah sekali spt dulu waktu WTC  masih ada di New York , sempat naik keatas melihat pemandangan New York dr atas. Sekarang sudah tidak ada lagi setelah kejadian 911 ( sebelas september 2001) di bor dng pesawat sehingga ambruk the Twin Tower NY.

New York 2 SEBELUM TWIN TOWER di Attach terror

 

jumbo-jet-wtc-twin-towers-911-620x264 KEJADIANNYA

untung jelek2 gini udah pernah sampai keatas he he he cerita selanjutnya akan saya tuliskan disini manti di category USA Rail Pas with AMTRACK EAST COAST

Dari Mersalles di sore hari berlayar menuju Barcelona dan pagi hari sampai di Barceloan, check out kembali ke Amsterdam the end my journey with NCL EPIC MEDITERREANEAN CRUISE with NICE MEMORY SEE YOU NEXT TIME .

 

AIDA STELLA 2015

Screenshot_2015-07-08-17-34-58-1 DSCN4092 aidastella-2-6)

Untuk kedua kalinya kita naik Cruise Aida kapal Jerman, kali ini naik Aida Stella, sebab dari dulu ingin sekali melihat Israel, tapi belum keturutan setiap mau pergi ada aja(perang, bom di jalan ) . Dan baru kali ini keturutan untuk melihat Israel jalan yg paling enak dan cukup murah ya ikut Cruise dan kebetulan ada Cruise yg meliwati nya

ROUTEd

Route perjalanan, dr Antalya ( Turkey) menuju Limassol (Greece Cyprus) kemudian menuju Haifa ( Israel) dr Israel menuju Santorini( Greece) dan setelah itu berlayar menuju Marmaris( Turkey).

Semua perjalanan cukup menyenangkan sebab ada beberapa tempat yg pertama kali dikunjungi spt Jerusalem , Santorini ( yg indah sekali) juga Marmaris Turkey yg seperti Bodrum di Turkey juga,

Pertama berangkat dr Amsterdam menuju Dusseldorf ( Jerman) dan lanjut terbang ke Antalya sebab kapal menunggu di Port of Antalya, setelah check in beres2 , kita keluar melihat kota Antalya sebab kapal  akan berlabuh nanti malam pk 23.00  jadi banyak waktu utk jalan jalan ke kota Antalya

20150710_155349 20150710_154020

Sebelum berlayar dinner dulu di restaurantnya, ini kapal ada 7 restaurant luar biasa jadi kalau tidak cocok dng yg satu bisa ke restaurant yg lain, tapi dengan pengalaman yg sebelum2nya, kita tiap malam  keliling hampir semua hua ha ha ha ha jd ambil satu2 makanannya, cari yg cocok di mulut dan kenyang di perut.

Malam berlayar menuju Limassol , esok pagi sampai Limassol dan sayangnya pas sampai ke Limassol hari minggu dan spt biasa kita selalu mencari pasar dan hari minggu pasarnya tutup jadi cuman jalan2 di kota dng toko2 yg tutup, kurang mengena di hati Limassol,

Sore hari kapal berangkat menuju Haifa( Israel) ini yg di tunggu2 selama bertahun tahun ingin mengunjungi nya akhirnya keturutan juga he he he he. Dan kita ikut tour dr kapal sebab dr Haifa menuju Jerusalem membutuhkan waktu 2 jam dng bus touring.

Dengan cuaca yg sangat panas kita sampai ke Jerusalem, dan ber jalan jalan beibel route, ke tempat2 yg bersejarah, dan semuanya kita bisa melihat dng mata sendiri cerita2 pada waktu masih sekolah SD dulu yg suka di ceritakan oleh suster2 , Jericho, Kebun jaitun, Golgota Dllnya

DSCN3824 DSCN3855 DSCN3910 DSCN3822

Dan setelah itu berjalan menuju Golgota ya ternyata tak terasa kalau mendaki gunung yg sekarang menjadi tempat pasar souk, dr situ berjalan menuju tembok (tembok ratapan) yg kita suka lihat di TV , ternyata juga kecil ha ha ha ha kalau lihat di TV waktu News spt besar sekali dan disitu dipisahkan antara utk lelaki dan wanita saya bilang ngadu kepala ke tembok itu he he he dan ada yg sambil menari nari dan bernyanyi

yg disayangkan kita tidak bisa ke Palestina melihat mesjid yg dilapisi emas Mesjid Al Quds dimana yg biasa dipakai oleh Arafat bersembayang dan org2 penting Palestina.

1-dûme-du-roucher DSCN3808 DSCN3805 DSCN3921

Dari Jerusalem kembali ke Haifa dng touring bus , dan perjalanan yg cukup melelahkan dr pagi pk 8.00 sampai kembali ke kapal pk 19.00. Setelah mandi2 cari makan dan keliling dulu lihat rest mana yg enak he he he he he,

Malam berlayar menujuh Marmaris , esok paginya sampai Marmaris ( Turkey) ini masih pagi belum panas tapi semua sudah tahu nanti siang akan panas sekali jadi cepat2 keluar jalan2 menuju pusat kota.

Marmaris seperti Bodrum ( Turkey) kota pesisir pantai, kota tourist jadi ya restaurant2 penuh dengan menu2 tourist , buat kita kurang cocok dengan menu2 tourist yg sudah umum sekali jadi lebih baik nggak usah makan direst ( contoh menu , Schnitzel, Spaghetti Bolognaise, lagsana , macam2 sandwich…..) .

Hanya beda Bodrum pusat nya pisah pisah kalau marmaris menjadi satu pusat kotanya tapi pemandangan dan suasana bikeg dikatakan sama meriah sekali, di Marmaris kita mencari pijat turkey ( hamam), tapi kali ini kurang memuaskan sebab ya tempat tourist jadi ya pijet tourist ha ha ha ha murah sih murah cuman 10 Euro tapi kurang enak ya tidak apa2 yg penting kulit bersih ( dibolotin) dan ke sauna serta pijat busa turkey.

Sore hari kembali ke kapal spt biasa abis makan malam , melihat shownya utk hari terakhir perpisahan , penuh dng makan dan minum serta nyanyi2 crew kapal say good bye. begitu pun juga kita besok kembali ke pulang.

ini kapal isinya org jerman semua, sebab kapalnya kapal jerman jadi isinya org jerman semua dan announcement nya juga bhs jerman, tapi semua crew bisa berbahasa inggris, jadi kalau perlu2 ke reception utk tanya tanya information.

SAMPAI JUMPA TO THE NEXT CRUISE

U E A Cruise dng AIDA DIVA 2014

DSCN2466Pertaama kalinya ikut Cruise dng Ms Aida Diva, waktu melihat  adanya route ke Dubai dan Muscat( Oman) wah cocok ini , sebab kita kepingin melihat Dubi dan Oman mengunjungi teman2 kita dr Sultan of Oman. Saya kenal mereka sewaktu di Glion Switzerland, mereka dikirim oleh Sultan of Oman utk tranining di situ Glion Institute of Higher Education , dan pada kesempatan itu saya dipercayakan oleh itu sekolah untuk mengajar di bidang decoration, dr carving buah2 an sampai membuat butter sculpture.

Route-Dubai-1                                                            Route Perjalanan,

Pertama kita sengaja datang sehari sebelum berlayar ke Dubai agar bisa jalan jalan melihat kota Dubai dengan tenang2, dan tujuan tentu Dubai Mall yg luasnya luar biasa 7 km , besar sekali , jalan jalan di mall dan penuh dengan toko2 yg luxe mau pun yg biasa ,  dan mencoba makana timur tengah tentunya disitu kita menemukan rest yg menjual nasi briyani 3 macam warna kuning, putih dan hijau he he he he coba aja yg penting cocok dan bisa dimakan.

Besok paginya kita baru menuju Port Said yg tidak jauh dari tempat kita menginap naik taxi sekitar 10 menit , sewaktu check in problem Internet down jadi terpakasa pakai cara kuno manual, semua penumpang dibagiin sepotong kertas dng huruf dan nanti akaan dipanggil kalau waktunya masuk ke kapal.

Nah ini yg cukup lucu, sebab semua pengumunan memakai bahasa Jerman sedang kita kurang ngerti dng bhs jerman dan kita mendatangi office infomation, dan tanya apa tidak ada bhs ingrrisnya?????? mereka bilang ini kapal Jerman? lho anda tidak tahu kalau ini kapal Jerman”? ha ha ha ha emang tidak tahu , tapi crew kapal bisa bahasa inggris katanya , he he he he emang org Jerman semua pakai bhs Jerman mereka tidak perduli , pantes hampir 100% penumpangnya org jerman semua he he he.

DSCN2522 DSCN2472

Berhubung saya tidak mengerti bhs Jerman, waktu menunggu di panggil saya nongkrong aja di depan pengumunan dan nunggu papannya berganti huruf , eh ditegur kamu punya kartu huruf apa? saya kasih lihat ke dia, oh ok deh dan tanya kamu nggak ngerti bahasa jerman ya ha ha ha ha ya nggak ngerti dr maka itu saya tunggu disini he he he , untung juga di gedung itu wiffi free jadi lumayan bisa keep in touch dng teman2,

Setalah naik kapal, semua pengumuman , berita2 dalam bhs Jerman, tapi buat kita nggak problem sebab sudah ada pengalaman dng ikut cruise sebelum2nya dng Holand America Line, jadi ya hampir sama lah aturan aturannya

Perbdaannya,. disini tidak ada formil2 an restaurant ada 7 yg dua pakai reservation dan bayar, yg lain free, semua free minum , wine, bier hebat juga , Jadi kita hampir tiap hari makan di 3 restautant, makan dikit jadi bisa coba macem2 ha ha ha ha ha ternyata juga bukan kita aja hampir semua tamu berbuat spt apa yg kita lakukan.

Pertama kita stop di Abudhabi, seblmnya saya sudah mengontak teman utk bertemu dan bisa silaturami , janjian di Abudhabi Mall malam hari, dan kita jumpa saling cerita dan ngobrol. Besok harinya kami dng Hop on Hop off keliling Abudhabi zaman sekarang enak di setiap kota besar umumnya ada bus keliling ini.

Yg saya kagumi di Abudhabi mesjidnya luar biasa wow semua marmer dan besar sekaliDSCN2844 DSCN2812 DSCN2871

Dari Abudhabi berlayar menuju Muscat Oman, dan sebelumnya saya sudah kontak dng teman yg di Oman jam berapa kapal dock. Dan kita dijemput dengan Abdullah dng mobilnya diajak keliling istananya sultan, wow luar biasa Muscat sangat bersih sekali dan cantik, jalan jalan di souk pinggir pantai,, dan di Muscat tidak ada angkot , adanya hanya taxi dan juga tidak mahal pantes bersih tidak ada angkot he he he,atau bus kota , public tranport hanya taxi, hebat Oman, bebas pajak , parkir mobil juga free, luar biasa makmurnya,

 

DSCN2579 DSCN2561

 

Dan kita sudah di arrange dng mereka utk bertmu lunch di Rest Iran, begitu sampai rest bertemu dng beberapa teman2 tidak semuanya bisa hadir sebab harus bekerja, tapi cukup indah dan suatu yg menyenangkan bisa berjumpa dng mereka silaturami he he he he.

 

DSCN2668 DSCN2590 DSCN2645

Dan dari Oman rencana menuju Bahrain tapi ditengah perjalanan dibatalkan utk menuju Bahrain sebab ada kerusuhan jadi kapal balik menuju Dubai , sayang berubah route perjalanan jadi nggak lihat Bahrain deh he he he he, tapi di Dubai kebetulan ada teman dan kita kontak, bertemu, seharian diajak jalan2 dan makan2, malam hari mengunjungi Dubai Mall utk melihat air mancur nari he he he he dan yg nonton banyak sekali ramai sekali , pertunjukan persia pk 19 malam dan hanya paling 15 menit tapi nunggunya ha ha ha berjubel

Besok harinya kembali ke Amsterdam suatu pengalaman yg baru naik kapal jerman ha ha ha.

 

 

MEDITERANEN 2014

DSCN1291Mediteranen Cruise dengan Ms Noordam Holland th 2014

kapal pesiarnya besar sekali Ms Noordam, pertama datang kita terbang dr Amsterdam menuju Roma Italy, wah kembali lagi ke Roma . pertama kali ke Roma naik mobil mini cooper di tahun 1981 , wow 33 th yg lalu kita ke Roma naik mobil yg waktu itu baru aja dapat SIM dan beli mobil, yg baru ,seminggu sudah berangkat ke Roma dng mobil mini cooper, menjemput teman dulu di Swiss lagi he he he he , jadi kita bertiga mengendarai movil ke Roma , bener bener menyenangkan sekali dan kita semua masih kuat jalan semalaman tanpa tidur juga ok aja coba sekarang wah bisa nggak samapai sampai.

Sewaktu di Roma kita jalan jalan dan di fontain kita membuang uang logam katanya menurut kepercayaan kalau membuang uang logam bisa kembali lagi ke Roma he he he he eh ternyata 33 th kemudian baru balik lagi he he he.

DSCN1150

Civitabecchia – port di Roma e del Lazio

Setalah check in, masuk ke kapal Ms Noordam, dan bertemu dengan beberapa anak anak Indonesia yg bekerja di kapal itu, memang banyak anak anak Indonesia bekerja di Holland America Line dan rata rata juga alumni anak anak NHI ( STTP Bandung) dan saya diem diem termasuk senior mereka he he he he,

map ini route perjalanan Ms Noordam dr Roma berlayar menuju

Messina ( sicilia italy)

Valleta

Argostoli ( Greece)

Corfu ( Greece)

Kotor ( Montenegro)

Dubrovnik ( Croatia)

Kocula

Split

Venice ( Italy)

 

DSC00628 DSC00656 DSC00662

Marcopolo House

Dari semua perjalanan yg paling menarik dan mengesankan adalah di Croatia , sangat indah dan menarik sekali, dan juga bisa jumpa dengan teman saya yg mempunyai restaurant di Durbovnik dan kita mencari ,sempat mampir dan cerita cerita, sayang taman saya waktu itu tidak berada di tempat, tapi kita bertemu dng suami serta staff dr restaurantnya ” AZUR”

DSCN1606 DSCN1607

dan dari sini kita explore Durbovnik , naik ke tembok kota utuk melihat pemandangan dr atas , dan tembok itu mengelilingi kota Durbovnik ( old town)

DSCN1599 2014-07-16 11.15.50 DSCN1573

DSCN1575 FSCN1521  DSCN1346

DSC00678

 

 

dan setalah itu baru berlayar malam harinya menuju Venice  kota air di Italy yg terkenal dng Gondola nya, unik sekali kota ini dimana mana air , dan utk ketengah kota dr pelabuhan harus naik kapal dan ada dua macam kapal cepat dan pelan,yg dimaksud cepat hanya berhenti di point2 tertentu dan yg lambat stop disetiap pemberhentian,

DSC00807 DSC00802

 

yg lucu sekali sewaktu di pelabuhan Venice tempat port Cruise kelihatan Ms Amsterdam, dan sama sama besarnya bentuknya sama persis hanya tulisannya berbeda satu Amsterdam dan satu lagi Noordam , sewaktu berjalan menuju kapal didepan gedung bertemu dengan crew kapal yg kita kenal sewaktu kita ke Alaska th 2009 dng Ms Volendam,  namanya Sugeng Triyono , kita kaget dan diapun kaget ha ha ha ha ternyata dia crew di Ms Amsterdam , jadi seperti reuni ngobrol2 dan senang sekali bisa betermu suatu kenangan.

DSC00858

dan dr Venice kita kembali dengan pesawat menuju Amsterdam