Annoncée!

Annoncée!.

Advertisements

Suka Duka di masa kuliah di NHI

LOGO NHI

ktichen  n FB

Warung si Mbok

Satu hal lagi kalau makan di warung, tempat anak2 ngebon jadi setiap anak yg makan di warung si MBOK nulis dibuku, abis bulan baru membayar.

tapi namanya anak sekolah ya begitulah dimana mana sama aja,makan empal nulis tempe, ambil dji sam soe, bilang gudang garam, he he he he termasuk saya

Tetapi hebat nggak bangkrut2 juga tuh warung, karena setiap anak NHI yg sudah bekerja mampir ke tempat si Mbok mbayar utang dan memberi uang.

Dan si Mbok ini menjadi ICON nya NHI yg banyak menolong kita2 sewaktu kuliah dan makan, ngutang.

Untung saya masih mengalami beliau masih hidup, waktu mudik , dan saya main ke Campus

dan tentunya mampir ke warung si Mbok ,ngopi ,ngobrol  dan yg tak terlupakan? mbayar utang tentunya, waktu saya memberikan uang kepada beliau , lho kok banyak amat??

Kemudian saya bercerita kalau ya sampeyan tahu dulu kita kan banyak yg makan empal ngakunya tempe, ambil dji sam soe bilang gudang garam ,

Ya saya tahu semua itu katanya,hanya saya diam saja katanya, dan  waktu menerima uang dr saya , beliau mengeluarkan air mata dan saya juga merasa terharu sekali melihatnya.(mberebes juga mata saya , sambil menelan ludah)

Jadi sampai sekarang setiap bertemu dng teman.atau anak2 NHI lainnya, yg mengalami makan nimpe di warung si MBOK pasti bercanda, UTANG LU UDAH LU BAYAR BELUM? he he he he he ( kalau kenal dan makan di warung si Mbok iku baru bener2 anak NHI )

Almarhumah ... Si Mbok Supinah       tn

ALMARHUM  MBOK SUPINNA ” ICON NHI”

Kuliah di  NHI ini  saya banyak belajar sekali, terutama mengenai  kedisiplinan,dan bertanggung jawab, dan sadar apa yg dipelajari dan akan digunakan di masa depan (pokoknya duduk manis aja).

Pergi bersama sama, makan ber sama sama, dan tawa riang gembira dihari hari2 libur( senasib dan seperjuangan)

yg selalu ada dalam pikiran saya biarpun libur tapi jalan pikiran disekolah ini ,dan ini dialami semua anak anak. Jadi kalau pergi cepat2 pulang dan belajar!!!

Yang tak bisa lupa juga kalau hari sabtu, suka main ping pong dan tarohan dng uang, saya main pingpong boleh dikata udah jago deh, main tarohan dan menang , hasilnya? buat makan di warung Jawa Timur dengan teman sekamar tentunya. he he he he he he

lumayan kan makan gratis. Begitulah hari sabtu langganan makan di warung Jawa Timur

menghilangkan kangen makanan jawa timur he he he

Suatu hari teman sekamar saya sakit dan tipus, dan harus ke dokter , tapi apa boleh buat uang kiriman belum datang, dan kita semua nggak ada yg pegang uang,

Tapi saya bilang udah ayo kita ke dokter ? lho dibayar opo, wes tenang ae saya bilang lakonne seng ngatur ( udah tenang aja saya yg ngatur)

saya punya dokter wanita, sebelum berangkat saya bikin foto copy  resep dulu ,

resep membuat soto ayam dan sop jamur.

Jadi sebelum ke dokter mampir tukang foto kopi, teman saya tanya untuk apa? ya saya musti bikin copy dulu, yo iki duit e he he heu edan kon katanya ( gila kamu)

Begitu abis periksa , saya kasih aja itu resepnya masakan ke Dokter nya he he he terima kasih katanya, sama sama bu dokter,

Diluar teman saya cuman geleng2 kepala ini kalau bukan Didi nggak ada lagi dokter dibayar resep hua ha ha ha ha ha.( ya asalnya anak nakal ada aja akalnya kan he he he)

(ibu dokter memang sudah pernah tanya saya, kuliah dimana ,saya bilang NHI ok nanti kalau ke sini lagi bayar resep katanya nah itu dia asal mula ceritanya) jadi gantinya uang resep masakan deh he he he.

        Link youtube NHI temu kangen 2012

NHI (National Hotel Institute) Bandung

LOGO NHI

NHI1

Masa kuliah di NHI

Masa kuliah di NHI masa yg paling senang, sebab semua senasib ,sekolah dari pagi sampai malam, seminggu praktek pagi,siangnya theory begitu sebaliknya.Menempati rumah kost di Gerlong Girang sangat menyenangkan udara segar dipagi hari,biasa bangun tidur buka pintu lebar2, terus sambil duduk nunggu waktu untuk berangkat sekolah, cuci mata dulu didepan rumah cewek2 IKIP pada liwat he he he.

Di campus duduk manis , ini sekolah bener2 disiplinnya luar biasa,pokoknya kalau terlambat pelajaran harus nguber, peraturan yg ketat , kuliah dr hari senin sampai sabtu,

hari sabtu special buat relax kegiatannya ada olah raga,macem2, ada ball room, ada kesenian, ada janur, waktu itu saya memilih janur, senang dng hal2 yg mengandung kesenian. Itu pun di absen nggak bisa sembarangan tidak masuk.

Dan ada peraturan kalau nggak masuk sekolah atau sakit,semuanya sudah ditentukan kalau melewati batas tertentu tidak boleh ikut ujian artinya ya nggak lulus.Terlambat masuk kelas sama saja dihitung berapa jam terlambatnya?

Begitu lah suasana kuliah di NHI mau terjun di bidang hopitality(kan kata halusnya seperti pembantu ) kok susah banget ya?Waktu hari pertama pertemuan itu aja udah dibilangin sama docentnya kalau kita ini sekolah untuk menjadi BABU, banyak yg merasa down dan mikir, kalau anda merasa tidak sanggup silahkan meninggalkan campus ini

Teman kamar ku kalau bilang :wah iki rek lek ngalup ditakoni ebes , kon belajar opo?kulo belajar dadi pelayan restaurant bu( teman kamar saya bilang kalau pulang mudik maksudnya terus ditanya ibunya , kamu belajar apa? jawabnya saya belajar jadi pelayan restaurant bu)

belum lagi kalau main kerumah cewek waduh minder banget kalau ditanya org tua si cewek sekolah mana ? NHI gitu waduh kok sekolah jadi pembantu hotel?

tapi sekarang sekolah Hopitality paling laris dan saya bangga sekali ,sekarang  ternyata semua anak pingin sekolah perhotelan, juga keponakan2 saya ada beberapa yg sekolah di perhotelan  tapi karena tidak sepenuh hati seperti saya jadi gagal semua, mental nya kurang kuat maklum hanya impian mereka saja ,

Setelah terjun di dunia perhotelan  ternyata itu semua perlu sekali yg kita pelajari di sekolah, , untuk menjamu tamu,sopan,senyum biarpun hati dongkol he he he he.

Tapi sejak kita semua kuliah di NHI  menjadi org2 yg respect dng pembantu kita dan kita sendiri menjadi org yg menghargai pekerjaan mereka..

Masa praktek di dapur yg senang sekali, semua sudah dibagi bagian panas, sup dan makanan dingin,

Saya waktu itu di masakan panas , paling senang kalau lagi masak ayam sebab kulit2nya nggak dipakai, wah sayang amat, saya kumpulin, terus digoreng kalau si docent datang, umpetin dibawah kompor, beliau pergi, goreng lagi begitulah kucing2an sama docent nya. Suatu hari ketahuan ya namanya sekolah jadi murid yg kena marah sampai dipanggil tukang kulit ayam he he he he he he

NHI item

Kebiasaan itu sampai sekarang, nggak bisa lihat barang dibuang, nggak perduli apa aja , kumpulin buat sesuatu terutama kalau bersihin daging otot2nya, lemak2 nya, wah enak sekali, apa lagi dada bebek, itu kalau membersihkan , kulit dan minyaknya wah digoreng kering , camilan enak sekali itu.

Disini lah semua anak NHI jadi kompak dng teman, hubungan sangat dekat sebab senasib,susah,dan senang , ber sama2,

DSCN1042           DSCN1043

Llink Youtube NHI : REUINI TEMU KANGEN  2010

Link Youtube NHI :TEMU KANGEN 2012

Masa2 sekolah di Malang

Image                                                               Humpthy Blues

MASA SEKOLAH

Sekolah SD  Santa Maria  di Malang setelah lulus melanjutkan ke SMP Oro Oro Dowo sekolah katholik yg isinya hanya laki2 semua disini dimulai kebandelan saya.Begitu naik kelas 2 smp tambah bandel lagi ,masa remaja yg luar biasa nakalnya menurut teman2 saya (menurut saya yg biasa tuh). suka membolos sekolah, memang untuk berbuat pertama kali itu susah soalnya belum terbiasa ha ha ha ha, ada rasa takut, kedua, ketiga, lama lama menter.malah ketagihan.

Berkumpul dng anak2 sebaya yg rata suka membolos , ada cerita lucu yg sampai sekarang tak bisa terlupakan , setiap ketemu dng teman2 itu aja yg diceritakan :

Suatu hari membolos sekolah, saya mainnya nggak jauh2 dirumah teman yg buat kumpul2,tiba2 teman saya bilang , hok tuh ebesmu teko? ( hok mama mu datang?) dlm hati ah nggak mungkin kok bisa datang itu lho, eh beliau liwat pintu belakang, kedengaran suaranya  kalau mencari saya, dan langsung cari tempat ngumpet he he he ,tapi begitu ibu saya masuk ke kamar dimana kita berada, dan saya berusaha masuk kolong ranjang, baru separuh badan yg masuk eh ada yg menarik !!! ternyata ibu saya he he he  dan diajak pulang , teman yg lain pura2 tidur (kurang ajar).

(waktu kenajdian itu diam nggak bisa apa2 tapi sekarang kalau mengenang kembali tertawa terbahak bahak hua ha ha ha ha )

Dan itu semua keponakan saya tahu mengenai cerita ini , ibu saya selalu menceritakan kenakalan saya kepada mereka, biarpun waktu saya pergi merantau itu keponakan belum lahir, waktu saya ketemu dan ngobrol, saya tanya kamu tahu saya dulu? wah oma banyak cerita tentang om yg paling seru waktu masuk kolong ranjangterus ditarik  katanya he he he he

Tidak sampai tamat sekolah disitu, kelas 2 SMP dikeluarkan , terlalu banyak membolos. dan bersama teman2 yg lain , mendaftar ke sekolah yg mau menerima utk ke kelas 3

dan akhirnya  kita bisa pindah kesekolah itu  dng naik kelas wah hebat kan jadi ke kelas 3.

Tetapi  ya sama saja ketemu dng teman2 yg nakal2 yg tidak2 naik kelas pada pindah ke sekolah ini jadi naik , ya namanya sudah kebiasaan ya tetep aja membolos lagi , baru satu kwartal sekolah dikeluarkan dari sekolah,

Sampai sudah dikeluarkan dr sekolah nggak melapor ke org tua, jadi setiap hari ya berangkat aja seperti ke sekolah padahal udah dikeluarkan dr sekolah.

Kemudian pindah ke sekolah dekat dng rumah  jadi sekolah tinggal jalan kaki saja,tapi tetap tidak berubah kenakalan dan membolos sekolah (hobby).Kemudian kakak saya yg paling besar yg tinggal di Jakarta datang ke Malang, menasehati dan akhirnya dibawa ke Jakarta th 1971 utk melanjutkan sekolah

di Jakarta saya mulai sadar sebab istri kakak saya sangat baik beliau lulusan UI di bidang Phsycology , pertama kali ketemu, beliau  menginterview , duduk berdua, gimana.dan mau apa , kamu merokok, ganja dll.

Akhirnya beliau bilang, ini kamu saya kasih kunci rumah, kamu mau pulang jam berapa terserah saya nggak perduli hanya satu : “kamu tidak boleh nginap dirumah teman”

dua tidak boleh membawa teman wanita apa lagi dibawa nginep !

Wah dalam hati gimana ya disini dibebaskan diberi konci rumah he he he he dulu waktu di Malang tidak boleh bawa konci , tidak boleh keluar malam, tapi kalau saya keluar malam gampang tunggu mereka tidur , ambil konci buka pelan2 keluar atau lompat jendela  he he he he

Disini saya baru sadar dan menjadi org yg bertanggung  jawab, sekolah rajin, tidak pernah membolos lagi berkat didikan kakak ipar saya, yg menjadi mentor dan teman baik saya sehingga terjalin hubungan yg dekat sekali , saya sangat berterima kasih mempunyai kakak ipar seperti beliau.

(Memang kalau org di bebaskan  akan menjaga dan tahu diri tapi kalau di pingit berusaha utk mencari jalan keluarnya gimana – ilmu kepepet dikeluarkan)

Selama di Jkt ini mulai masak memasak lebih sering dibandingkan dng waktu di Malang,

sebab sudah otomatis setiap weekend saya yg masak dirumah, ya senang sekalian coba2 masakan yg belum tahu, dan tentunya kalau tidak tahu tinggal kirim surat ke ibu,kakak tanya resep dan cara membuatnya, kita semua sekeluarga bisa dan hobby memasak dan belajar dr ibu kami.

Saya anak ke 7 dari 8 bersaudara, 5 laki dan 3 perempuan semua bisa masak he he he,hanya saya  yg menjadi profesi  yg lainnya sebagai hobby saja.

HM2

Bersambung ke ……Bandung ke  NHI dan …

JAKARTA – SINGAPORE – HOLLAND…….

merlion

SINGAP~2 Sngapore 7SINGAP~3

Dari sini lah mulai perantaunya,

 

Perantaun dimulai dr Malang ke Jkt  tujuan Singapore dng bekal 100 $ Spore dapat dr adik dan teman2 kumpulin jadi 100$ dng membawa pakaian yg minim juga celana juga 3 buah sebab menurut pengalaman kakak yg pelaut sering ke spore beli di spore murah2 di Arab Street , Jadi buat apa bawa banyak2 pakaian, 3 stel pakaian cukup yg penting CD aja deh he he he eh dasar nasib sampai jkt celana rusak satu bolong nasib akhirnya di kasih teman celana satu he he he lumayan deh.

Dimulai bekerja di Merlin Hotel Indonesian Rest Melati  Singapore 1979, salah satu Halal rest di Singapore,bersama dng bekas mantan sama 2 bekerja didapur,yg sekarang menjadi istri saya, dari Singapore kita berdua sama2 menuju Eropah Belanda th 1980, sebenarnya ke Belanda ini hanya rasa ingin tahu sebab dari SD belajarnya cuman sejarah Belanda saja, prinsipnya kalau dapat kerja ya kerja kalau nggak dapat kerja ya balik indonesia.

Bekerja di Rest Indonesia Melati di Naarden Vesting. The best Indonesian Restauran in North Holland masuk di majalah Avenue.

Restaurant buka 6 hari dan hanya dinner saja , jadi kita hanya libur sehari seminggu dan hari Senin , di hari libur yg sehari itu kita maanfaatkan utk jalan2 , pertama cuman di belanda sini saja, ke kota2 besarnya seperti Amsterdam, Den haag,Rotterdam, Eindhoven dll

Kemudian mulai keluar belanda: satu2 nya waktu itu yg keluar tanpa visa pergi ke Jerman , jadi pagi2 subuh masih gelap berangkat naik kereta ke Jerman ke Achen, mgg depannya lagi ke tempat lainnya ke Antwerpen, jadi tiap minggu kita gunakan utk pergi melihat negara lain; ke Brussel, ke Dusseldorf.

Kemudian pergi ke England – london , ke Sweden , dan Norway juga, dan setelah memiliki SIM ( surat ijin mengemudi) membeli mobil bekas Mini Cooper , dengan mobil ini yg baru satu minggu dimiliki, nyetir aja masih nggak karuan pingin ke kiri terus, kita berangkat ke Italy – Roma .

Perjalanan mulai dr Belanda menuju Belgia,Jerman, sampai Swiss, di Swiss menjemput teman di Zurich yg lagi praktek kerja di International Hotel, besok paginya langsung menuju Italy, kita bertiga. Perjalanan dng mobil ini sudah saya impikan sejak kecil yg di ilhami waktu membaca majalah Intisari, membaca perjalanan Ny Tanzil mengelilingi eropah dng mobil,

Dengan mobil Mini Cooper yg kecil ini sudah saya bawa keliling belanda, hari berganti hari tahun berganti tahun, saya juga mengimpikan ke Amerika dan Canada, prinsip saya kalau ke Amerika harus ke Las Vegas, Hollywood ,Disneyland,Los Angles, lain nggak pergi nggak apa2, kalau ke Canada harus ke Niagara Falls

ternyata terkabul, th 1982 kita ke USA ke Los Angles mengunjungi teman saya anak dari Malang yg baru selesai melanjutkan studynya di USA, dr LA kita naik bus ke Hollywood. besoknya ke Disneyland dan hari selanjutnya kita ke Las Vegas,

Setelah kembali dr Las Vegas, kita ke San Jose ada saudara tinggal disana dr situ kita jalan2 ke San Fransisco rejeki jadi bisa lihat dan duduk di tepian Golden Gate jembatannya.

Kemudian kita melanjutkan perjalanan ke Toronto, bertemu dng teman dan kita sewa mobil pergi ke Niagara Falls dan mengunjung World Miniatur, Dan setelah itu kembali ke Amsterdam.

MALANG

Malang

Perjalanan saya dimulai dr kota Malang, dimana saya dilahirkan, kota yg penuh dengan kenangan. Yang  tak akan terlupakan selama hidup saya, anak ke 7 dari 8 saudara ,3 wanita dan 5 lelaki .

ah2ah

Pada waktu umur 17 tahun saya pindah ke Ibu Kota Jakarta th 1971 dengan hati yg hampa,terpaksa pindah ke Jakarta ikut dengan kakak tertua, biasa anak Malang kalau nggak nakal bukan anak malang ,itu lah sebabnya  saya di cakup kakak saya dan pindah ke kota jkt.Tanpa teman, sendirian ,udara yg cukup panas ,tidak tau jalan,mau kemana?? di malang teman banyak sekali dan juga akrab disini NADA.

Setelah itu kembali ke sekolah smp kelas 2 lagi he he he he, sewaktu di malang saya dikeluarkan sekolah sudah berkali kali, karena terlalu banyak teman satu group , sehingga satu kumpulan banyak yg membolos sekolah , dan utk membolos itu banyak2 an  siapa yg paling banyak he he he    tahu sendiri ya masa remaja.

dan kali ini sekolah  dekat dengan  rumah tinggal saya di Kramat Sentiong, satu kelas semua anak Jakarta, cuman saya sendiri yg dr luar jakarta tau sendiri deh jadi pembicaraan anak2 sekelas, lain sendiri, rambut belah tengah( waktu itu kan trend di malang rambut panjang bela tengah)

di kota Jakarta ini saya mulai lebih sering masak memasak , sudah keturunan ,semua keluarga saya bisa masak semua, hobby masak semua, nggak laki nggak wanita semua pinter masak he he he he (cuman saya yg menjadi Profesi masak utk hidup mencari sebekal berlian hi hi hi ), tinggal di rumah kakak, saya yg memasak, juga ada pembantu yg memasak juga, tapi saya sering sekali memasak terutama di hari sabtu/minggu,(sebab kakak dan keluarganya  kalau weekend pergi ke rumah mertua) jadi mereka pulang malam hari sudah ada makanan, dulu sewaktu di Malang juga sudah mulai iseng2 masak terutama kalau pulang malam setelah pegadang dng teman, sebelum tidur bikin nasi goreng dulu dimakan ramai2, dan juga kalau kita berkemah di gunung, bagian saya yg jadi juru masak, paling senang kalau di malam hari bikin kambing guling asyik sekali dng api unggun makan kambing guling ngobrol ngalor ngidul/gitaran ada teman yg pinter sekali main gitar saya ingin bisa main gitar, tapi sudah  belajar nggak juga bisa2 dasar nggak ada bakat kali ya he he he.

setelah lulus smp, saya melanjutkan sekolah ke STM mau masuk jurusan mesin tapi diterimanya di jurusan listrik’  Karena saya memikirkan kalau lulus mau kerja bisa, mau meneruskan sekolah bisa,saya memikirkan kakak tertua yg membiyai saya dan keluarganya sendiri, kalau ke universitas ya kalau 5 th selesai jadi Ir, kalau tidak? siapa yg mau bayar biaya? setelah lulus STM bingung mau kemana? mau kerja susah mau terusin sekolah tidak gampang juga, sekarang mau kemana?saya mempunyai  kakak ipar yang sangat baik sekali dengan saya, sebab beliau yg membibing saya, kalau tidak ada beliau nggak tahu jadi apa saya,  kalau tetap tinggal di kota Malang? terima kasih sekali mempunya kakak ipar seperti beliau.  karena beliau saya sadar dan bisa menjadi anak yg benar,

Sewaktu di Jakarta saya di modalin utk jualan es lilin,untuk uang saku saya  ya namanya org nggak ada darah dagang ya ludes, plastic buat es abis,modal abis gimana bisa dagang  he he he he

Saya di leskan skalu waktu itu kalau lulus skalu bisa langsung masuk universitas ternyata saya lulus skalu mau masuk universitas disuruh test  lagi dan tidak berhasil

PARANG~3

dan akhirnya ditolak dimana mana, dan akhirnya kakak saya satu lagi yg menjadi Pegawai Negeri bilang saya begini: kenapa lu hobby masak nggak mau coba daftar ke NHI? itu bagus join dng Swiss, kalau lulus gampang dapat kerja spt adik teman saya katanya.

  Presiden Indonesia Bpk Gusdur  dan Wakil Presiden Ibu Megawati Soekarno

gusdurFatmawati

 

 

 

 

 

 

 

(ini lah mendiang kakak saya yg menganjurkan untuk kuliah di NHI dan juga membiayai saya untuk kuliah di NHI sayangbeliau telah meninggal kan kita semua pada usia yg relatif muda)

Ok daftar ke NHI th 1977, membawa teman untuk daftar ke  NHI, 2 org teman yg saya ajak utk mendaftar  ke NHI , satu anak Cepu ketemu waktu  kost kota Bandung, yg satu lagi teman anak Malang namanya Y.S  yg  sedang sibuk cari sekolah, sudah daftar kemana mana saya ajak daftar kok mau ke NHI ( dia punya Chinese Rest  di Malang yang terkenal sekali ,semua org tahu dng restaurant nya).

kita bertiga mendaftar ke NHI th 77 , dan setelah melalui test2, hasil pengumuman? mereka diterima saya tidak wah? saya tahu kenapa? kurang rapi, rambut panjang,model spt pemain band aja , gagal di interviewnya.

akhirnya masuk ke ABA Purnawarman ( buset waktu mapram nggak kelihatan cakep2nya begitu mulai kuliah ,buset pada cakep2 anak sunda ini ya bodas2 nya),disitu bertemu dng anak dr Madiun bernama G.T.W dan dia bercerita juga mendaftar  NHI dan  juga gagal (senasib), akhirnya kita bersepakat tahun depan 1978  mencoba lagi, kali ini saya cukur rapi rambut saya , sewaktu di test interview saya rapikan semuanya,baju lengan panjang dan lolos di test semuanya kita diterima, sangat senang sekali lolos dr lubang jarum rasanya he he he he

kemudian mencari kamar kost, eh ketemu teman lama dr Malang bernama T.S teman sekolah SMP  Oro2 Dowo Malang , saya bilang  dian***k tak pikir aku tok seng wes telat sekolah rek ( saya kira saya aja yg terlambat sekolah ) ternyata ada juga yg terlambat!!!!

jadi kita bersepakat menyewa kamar bertiga, kita mendapatkan kamar di Gegerkalong Girang 27 enak tempatnya tadinya ibu kost kurang setuju bertiga sekamar sebab cuman ada 2  ranjang kalau diisi 3 ranjang nggak ada ruangan lagi? tapi saya punya akal pengalaman sewaktu tinggal di rumah kakak jkt, ranjang satunya diberi roda kalau abis tidur digeser ke kolong he he nah jadi sebelum kost saya bikin ranjang dulu yg diberi roda kaki2 nya, saya ajukan ide saya ke ibu kost, dan beliau ok . Akhirnya kita bertiga sekamar, 2 jurusan F&B saya Kitchen. Sekarang ada masalah lagi, kunci rumah cuman satu, ok no problem beli anak kunci dan saya kikirin menjadi konci jadi semua pegang satu2 konci rumah sekarang he he he aman kan.(bekas anak STM kok gampang kan bakat ada cuman nggak tersalurkan he he)

NHI33black

,